Platform Terpercaya untuk Membuat Identitas Digital dan Langkah Pembuatannya

Platform terpercaya untuk membuat identitas digital

Jika kita perhatikan, digitalisasi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Misalnya media sosial, berbagai kursus online, penggunaan mobile banking, memesan jasa transportasi online, serta berbelanja atau berjualan online di lokapasar (marketplace).

Digitalisasi ini akan semakin meluas ke berbagai sektor, termasuk dalam identitas digital kependudukan.

Mengenal Identitas Kependudukan Digital

Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 Bab III No. 13 menyebutkan bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik berbentuk fisik dan atau digital.

Secara resmi, peluncuran Identitas Kependudukan Digital (IKD) dilakukan pada bulan Mei 2024. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum familier dengan istilah identitas kependudukan digital ini.

Identitas digital adalah dokumen berisi data-data penduduk yang disimpan dalam bentuk digital di aplikasi smartphone.

IKD disebut juga KTP digital atau KTP elektronik. Mengutip dari Permendagri No. 72 Tahun 2022, Identitas Kependudukan Digital berfungsi untuk pembuktian identitas, autentikasi identitas, dan otorisasi identitas.

Perbedaan antara e-KTP biasa dan e-KTP digital ini adalah:

1. Wujud

KTP biasa berupa kartu yang tercetak dan dapat dipegang secara langsung, sedangkan KTP digital berupa gambar e-KTP dan QRCode.

2. Kerahasiaan data

Data di KTP biasa dapat dibaca oleh siapa saja yang memegang kartu tersebut. Sementara itu, untuk mengetahui data di identitas kependudukan digital membutuhkan face recognition, kata sandi, PIN, dan autentikasi 2 faktor.

Keuntungan Memiliki Identitas Digital

Meskipun tidak terlihat secara fisik, sesungguhnya identitas kependudukan digital memiliki beragam keunggulan, seperti:

  1. Dapat digunakan untuk mengurus SIM, layanan perbankan, layanan di bandara, membayar pajak, dan layanan publik lainnya.
  2. Tidak perlu lagi memfotokopi kartu identitas untuk berbagai keperluan.
  3. Tidak lagi membutuhkan kertas, printer, dan sebagainya.
  4. Menghindari risiko penyalahgunaan data dan pemalsuan identitas.
  5. Mempercepat proses administrasi.
  6. Privasi terjamin.


Selain itu, aplikasi IKD juga memiliki berbagai fitur tambahan, seperti tanda tangan elektronik dan histori aktivitas.

Fitur histori itu memungkinkan pemilik IKD mengecek pernah menunjukkan QR Code miliknya kepada siapa, kapan, dan di mana.

Lantas, bagaimana cara membuat identitas kependudukan digital ini?

Langkah Pembuatan Identitas Digital

Syarat pembuatan identitas digital kependudukan
Persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat identitas digital.

Membuat identitas digital kependudukan dapat dilakukan dengan mudah di kantor kecamatan sesuai dengan domisili atau langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di kota tempat tinggal.

Mengapa harus ke Disdukcapil? Hal ini karena ada QR Code dari Disdukcapil yang harus dimasukkan saat membuat identitas digital kependudukan.

Oleh karena pembuatan identitas digital ini dilakukan secara online, pastikan sudah menyiapkan persyaratan berikut:

  1. Ponsel dengan koneksi internet yang stabil
  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Nomor telepon pribadi yang aktif digunakan
  4. Surel (email) yang aktif.

Selanjutnya, lakukan langkah-langkah pembuatan identitas digital berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang tersedia di Google PlayStore.
  2. Setelah aplikasi terpasang di ponsel, isi data-data yang diminta (NIK, email, dan nomor telepon). Isikan dengan benar tanpa ada satu kesalahan pun.
  3. Langkah selanjutnya adalah mengklik “Verifikasi Data”.
  4. Klik “Ambil Foto” dan lakukan face recognition untuk mencocokkan data yang dimasukkan dengan wajah asli. Kita bisa menggunakan face recognition ini sebagai kunci untuk membuka aplikasi IKD tanpa perlu memasukkan PIN.
  5. Klik “Scan QRCode” yang didapatkan dari Kantor Disdukcapil. Pemindaian kode ini untuk mengonfirmasi data pribadi kita yang tersimpan di database Disdukcapil.
  6. Setelah pemindaian selesai, cek email yang didaftarkan pada langkah kedua. Di dalam email tersebut ada kode aktivasi.
  7. Masukkan kode aktivasi tersebut atau klik link aktivasi yang tercantum di dalam email.
  8. Isi kode captcha.
  9. Pembuatan dan aktivasi akun IKD sudah berhasil.

Privy, Platform Terpercaya

Verifikasi identitas digital di Privy
Verifikasi identitas digital di Privy.

Dalam membuat identitas digital sangat penting untuk memilih platform aplikasi yang terpercaya agar data-data pribadi kita terjamin aman.

Itu sebabnya Privy menjadi pilihan tepat untuk membuat identitas digital. Privy merupakan penyedia jasa identitas digital atau digital certificate issuance yang terpercaya di Indonesia.

Aplikasi Privy menginduk ke Kominfo yang merupakan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Privy juga tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia jasa digital certificate issuance.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, Privy menyediakan layanan identitas digital, sertifikat digital, dan tanda tangan digital terverifikasi.

Melakukan verifikasi identitas di Privy tak membutuhkan waktu lama. Verifikasi KTP di Privy menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR). Teknologi ini sanggup mengekstrak teks yang ada di dalam gambar dengan sangat akurat.

Keunggulan verifikasi identitas di Privy adalah:

1. Proses Mulus

Seluruh proses dilakukan secara digital. Proses on boarding juga berjalan mulus.

2. Verifikasi aman

Verifikasi menggunakan biometrik yang aman. Teknologi liveness detection yang digunakan dapat mendeteksi pengguna sebagai benar-benar manusia yang hidup.

3. Hasil yang akurat

Keakuratan ini penting untuk mencegah terjadinya pemalsuan identitas, pencurian data, dan berbagai kejahatan di dunia digital.

Kesimpulan

Memiliki identitas digital memberikan berbagai keuntungan dan membuat pekerjaan administratif menjadi lebih efisien.

Privy adalah platform legal dan tepercaya yang bisa menjamin keamanan penggunaan Identitas Kependudukan Digital saat beraktivitas online dan menghindarkan kita dari kejahatan digital.

22 komentar

  1. Memiliki identitas digital yang aman dan terpercaya adalah hal yang penting di era digital ini. Dengan menggunakan platform yang terpercaya dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya dengan benar, kita dapat melindungi data pribadi dan mengakses berbagai layanan online dengan mudah dan aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, perlindungan untuk data pribadi ini perlu, agar jangan sampai disalahgunakan. Perlu keseimbangan juga dalam pemanfaatan dan menjaganya

      Hapus
  2. aku tahunya privy untuk beli materai digital, ternyata masih banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Kalau identitas ini juga dilengkapi dengan keamanan ya biar identitas kita nggak disalahgunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Privy ini kegunaannya macem2 ya kak. Ga cuman mengoneksikan tanda tangan digital, e-meterai bahkan sertifikat digital yg isinya dokumen penting pribadi selama menempuh pendidikan dan selepas pendidikan.

      Hapus
  3. Udah serba digital semua ya saat ini, termasuk juga KTP. Semoga sih data² penduduk ini gak bocor ya, karena kan identitas yang amat penting

    BalasHapus
  4. identitas digital sekarang bisa dengan mudah dibuat melalui Privy ya. proses pembuatannya pun juga sangat mudah dan aman

    BalasHapus
  5. Bersyukur mengenal Privy. Karena untuk identitas digital kita butuh platform yang aman, jangan sampai disalahgunakan oleh pihak lain.

    BalasHapus
  6. Tantangan digital itu sih menurutku emang di keamanan data. Apalagi identitas kan sangat penting. Syukur kalau ada platform seperti Privy yang bisa diandalkan untuk urusan identitas digital. Apalagi menginduk ke kominfo dan juga diawasi pihak ketiga yang juga kredibel. Harusnya sih udah gak perlu khawatir lagi ya.

    BalasHapus
  7. Kebetulan aku juga udah jadi pengguna Privy dan udah bikin juga identitas digital. Sekarang mah semua urusan banyak via digital dan online, jadi kalau punya identitas digital ini ngurus dokumen ini itu jadi lebih gampang.

    BalasHapus
  8. aku juga sudah pake privy nih untuk berbagai transaksi online, mulai dari verifikasi rekening hingga tanda tangan perjanjian digital. Prosesnya gampang dan simpel banget.

    BalasHapus
  9. Zaman sekarang, keamanan digital emang penting banget ya Teh. Kadang suka parno juga karena sering denger masalah kebocoran data.

    BalasHapus
  10. Privy bisa kita andalkan untuk mendukung gaya hidup serba kilat dengan keamanan yang terjamin.

    BalasHapus
  11. Saya sudah beberapa tahun ini sudah menggunakan Privy untuk beberapa dokumen online. Tentu saja kehadiran sertifikat digital ini untuk menjaga keamanan data-data pribadi kita juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya mbak kalau next-nya kita dimudahkan karena sudah ada platform digital seperti ini. Harapannya, kedepan, keamanannya bisa lebih terjaga. Iya gak sih?

      Hapus
  12. Kadang mau kasih data ke platform digital itu kadang was-was karena menyangkut keamanan data, namun kalo platform-nya terpercaya jadi tenang termasuk saat bikin tanda tangan digital

    BalasHapus
  13. Dunia digital sebetulnya bisa sangat memudahkan kita, ya. Tapi, emmang harus cari platform yang terpercaya. Karena berkaitan dengan keamanan pribadi juga

    BalasHapus
  14. Kalau memanfaatkan idenditas digital begini, jadi mengurangi drama untuk nyari tempat fotokopi juga ya Teh kalau sedang mengurusi pendataan gini. Pun urusan dengan bank juga bisa sat set dituntaskan. Aku sejauh ini baru manfaatin Privy buat meterai digital aja sih. Padahal banyak fitur layanannya.

    BalasHapus
  15. Semoga saja pemerintah juga menerapkan bikin apapun terutama soal dokumen pakai digital juga, kadang meskipun sudah ngisi dan kirim email, tetap aja syaratnya pakai fotocopy ktp.

    BalasHapus
  16. aku pernah pakai Privy waktu ttd kontrak kerja, dan itu pertama kalinya hal kayak gitu aku lakuin secara digital. ternyata Privy ini memudahkan dan lebih efisien ya buat dipakai

    BalasHapus
  17. Identitas digital di era serba teknologi sekarang ini, sudah merupakan sebuah keharusan. Proses birokrasi yang biasanya berbelit-belit bisa dengan mudah dan cepat dilakukan. Btw Privy ini memang sudah sangat terkenal di bidang pengembangan ttd digital.

    BalasHapus
  18. saya pengguna Privy sejak beberapa tahun lalu karena harus tanda tangan dokumen investasi waktu itu namun wajib menggunakan tanda tangan digital, sekarang saya paham kenapa harus pakai Privy tanda tangannya

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.