Cara Kerja Mesin EDC untuk Transaksi Melalui Kartu dan QRIS

Mesin EDC BCA

Tampak mudah memang ketika seseorang melakukan transaksi pembayaran secara gesek hanya dengan menggunakan kartu. Tidak perlu lagi keluar uang tunai dan repot-repot memberikan kembalian.

Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Transaksi tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggesek kartu ke mesin EDC dari bank penerbit yang ada di kasir.

Transaksi keuangan berbasis cashless ini pasti bukan hal yang baru bagi Anda. Tidak dapat dimungkiri, banyak orang zaman sekarang yang lebih menyukai jenis transaksi secara cashless dibandingkan dengan cash.

Transaksi cashless juga menawarkan berbagai macam keuntungan. Misalnya, keamanan yang lebih terjamin dan kemudahannya. Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumah besar sehingga meminimalkan risiko.

Cara Kerja Mesin EDC untuk Pembayaran Melalui Kartu

Mesin EDC bisa digunakan untuk menerima pembayaran yang dilakukan melalui kartu debit dan kartu kredit.

Prosesnya sangat mudah. Konsumen hanya perlu menggesekkan kartu tersebut ke dalam mesin dan akan langsung diproses.

Cara kerja mesin EDC dalam melakukan transaksi berbasis kartu ini terbagi atas beberapa tahapan, yaitu:

  1. Konsumen akan diminta untuk memberikan kartu kepada kasir, baik kartu debit maupun kartu kredit, tergantung pada kebutuhan. Pastikan kartu tersebut dalam kondisi aktif serta saldo mencukupi untuk bertransaksi.

  2. Kasir akan membantu Anda untuk menggesek kartu tersebut ke dalam mesin. Setelah itu, kasir akan memasukkan nominal uang yang harus Anda bayarkan. Periksalah apakah nominal uang tersebut sudah sesuai ataukah belum.

  3. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN agar transaksi pembayaran dapat dilakukan. Pastikan Anda memasukkan PIN yang benar.

  4. Mesin EDC akan melakukan pemindaian data berbasis strip magnetic melalui chip pada kartu. Secara otomatis data akan terkirim ke server perbankan. Proses ini memakan waktu beberapa detik saja.

  5. Selanjutnya, server melakukan verifikasi data identitas pemegang kartu, sebelum akhirnya memberikan persetujuan atau menolak untuk melakukan transaksi.

  6. Jika transaksi tersebut berhasil, secara otomatis mesin akan melakukan pencetakan struk sebagai bukti sudah melakukan transaksi.

Cara Kerja Mesin EDC dalam Pembayaran Lewat QRIS

Cara lerja mesin EDC
Mesi  EDC BCA juga bisa digunakan untuk pembayaran dengan QRIS.
.
Selain bisa digunakan untuk menerima pembayaran lewat kartu, mesin EDC juga dipakai untuk menerima pembayaran lewat kode QR atau QRIS.

Berikut ini cara kerjanya yang harus diketahui:

  1. Buka aplikasi mobile baking atau emoney yang Anda miliki. Pastikan yang saldonya cukup dan memiliki layanan atau fasilitas pembayaran menggunakan QRIS atau kode QR.

  2. Selanjutnya, pilih menu Scan QR yang ada di sana atau pembayaran dengan menggunakan QR

  3. Arahkan kamera Anda pada kode tersebut. Pastikan kode ini benar-benar ada di bagian tengah dari kamera, sehingga dapat melakukan pengambilan data otomatis secara mudah.

  4. Kemudian masukkan nominal pembayaran yang sesuai dengan tagihan Anda. Biasanya ada tagihan yang masuk secara otomatis. Namun, ada juga yang harus dilakukan secara manual. Anda juga harus memeriksa detail transaksi tersebut.

  5. Langkah selanjutnya adalah mengonfirmasi pembayaran, yaitu menggunakan PIN atau biometrik.

Mudah, bukan, cara kerja mesin EDC ini? Bagi pelaku bisnis, memiliki layanan pembayaran secara bervariatif termasuk dengan memakai mesin EDC akan bantu dalam mendongkrak penjualan bisnis.

Anda juga bisa bergabung sebagai bagian dari merchant BCA dan menikmati keuntungan tersebut. Caranya mudah saja karena hanya perlu mendaftar melalui aplikasi merchant BCA.

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.