Tips Memilih Ukuran Selang Air yang Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Ukuran Selang Air

Selang air merupakan benda yang umumnya ada di setiap rumah. Tujuan penggunaannya mungkin berbea-beda. Namun, yang pasti ukuran selang air harus tepat.

Pada dasarnya, selang air adalah benda berbentuk tabung panjang yang dugunakan untuk mengalirkan air. Bukan hanya rumah yang membutuhkan selang air, melainkan juga perkantoran, indusri, tempat rekreasi, sebagainya.


Tips Memilih Selang Air

Semua selang air berguna untuk mengalirkan air. Namun, asal-asalan memilih selang bisa berakibat pada penggunaan yang tidak efisien.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih selang air agar penggunaannya efisien dan sesuai dengan yang diharapkan.

1. Kebutuhan penggunaan

Sebelum membeli selang air, tentukan dulu selang itu akan dipakai untuk keperluan apa. Apakah akan digunakan untuk menyiram tanaman di halaman rumah, untuk mengalirkan air ke kamar mandi, untuk mencuci mobil dan motor, atau untuk kebutuhan lainnya.

Selang air yang tepat dengan kebutuhan akan lebih mudah digunakan. Selain itu juga lebih aman dan dapat menghemat biaya.

2. Bahan pembuat

Mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa selang air terbuat dari plastik.

Tidak salah, memang. Namun, selain dari bahan plastik (PVC), selang air juga ada yang terbuat dari bahan karet, vinyl, dan stainless steel. Masing-masing bahan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Misalnya, selang air dari bahan vinyl tahan terhadap cuaca dan mudah digulung. Minusnya, selang dari bahan vinyl ini tidak kuat dengan air yang bertekanan tinggi.

3. Panjang selang

Setelah menentukan tujuan penggunaan selang dan selang dari bahan apa yang cocok, selanjutnya tentukan pula panjang selang. Di mana kran air yang akan dipasangi selang? Berapa jauh jaraknya dengan tempat penggunaan?

Selang yang terlalu pendek tentu akan merepotkan dan tidak fleksibel. Lebih baik sedikit kepanjangan daripada kependekan.

4. Diameter

Ukuran selang air
Selang air Sea Gull Hyprex.

Pemilihan diameter atau ukuran selang air juga perlu diperhatikan. Hal ini karena berbeda ukuran selang akan berbeda pula kemampuan dan peruntukannya.

Untuk kebutuhan rumah tangga, misalnya, selang dengan diameter 0,5 inci sudah cukup.

5. Tekanan air

Ketika akan membeli selang air, penting untuk mengetahui kekuatan tekanan air. Apabila tekanan airnya besar, maka selang dengan diameter kecil bukanlah pilihan.

6. Merek

Pemilihan merek selang juga perlu diperhatikan. Pilihlang selang air yang ber-SNI dan kualitasnya terjamin.


Ukuran Selang Air

Ukuran selang air ada bermacam-macam. Berbeda ukuran, maka berbeda pula peruntukannya. Untuk pemakaian di rumah tangga, selang berukuran ½ inci sudah sangat sesuai.

Berikut ini beberapa merek selang air dan ukurannya yang dapat dijadikan referensi ketika akan membeli selang air berkualitas.

1. Milton

Ukuran selang air yang sesuai kebutuhan.
Selang air Milton Neo.

Ada 3 vairiasi selang air Milton, yaitu Milton Dof, Milton Neo, dan Milton Hiprex. Ukuran selang air Milton adalah 1/2, 3/4, 5/8, dan 1 inci dengan panjang 50 meter.

Ketiga jenis selang air Milton ini memiliki perbedaan karakteristik. Untuk keperluan rumah tangga, Milton Dof adalah pilihan tepat karena sifatnya yang elastis, fleksibel, dan anti bocor.

Selang air Milton Neo juga cocok digunakan untuk keperluan rumahan. Namun, selang ini juga bisa digunakan di peternakan, perikanan, dan usaha kerajinan. Selang ini memiliki semua keunggulan Milton Dof, plus anti UV.

Adapun selang Milton Hyprex memiliki spesifikasi yang lebih lengkap. Selang ini juga tahan bahan-bahan kimia dan tekanan tinggi.

2. Sea Gull Hiprex

Selang air Sea Gull Hiprex terbuat dari 100% biji plastik berkualitas premium, dilengkapi dengan benang polyester yang kuat.

Sea Gull Hiprex menyediakan selang air berdiameter 1/2, 1/4, 3/4, 3/8, 5/8, 5/16, 1, 1.1/2, 1.1/4, dan 2 inci. Untuk panjang selangnya ada pilihan 50 meter dan 100 meter.

Selang ini cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan cuci mobil.

3. Toyo

Ukuran selang air Toyo
Selang air Toyo Hight Pressure.

Selang Toyo Hiprex juga terbuat dari 100% biji plastik premium, dilengkapi benang polyester berkualitas.

Bahan-bahan tersebut menjadikan selang Toyo cocok dipakai untuk menyalurkan air yang bertekanan tinggi. Biasanya selang ini dipakai untuk cuci mobil, perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan.

Ukuran selang air Toyo bervariasi, yaitu 1/2, 3/4, 5/8, 1, 1.1/2, 1.1/4, 2, 2.1/2, dan 3 inci dengan panjang 50 meter.

4. Milliard

Selang Milliard memiliki banyak variasi, yaitu Milliard Dof, Milliard Superflex, Milliard Transparan, Milliard Spiral, Milliard Spiral Premium, Milliard Lubricant, Milliard Airhose, dan Milliard Pompa.

Macam-macam selang Milliard memiliki spesifikasi dan peruntukan masing-masing.

Untuk keperluan rumah tangga ada Milliard Dof dengan pilihan ukuran selang air 1/2, 3/4, 5/8, dan 1 inci. Panjang selangnya 50m dan 100m.

Jika membutuhkan selang untuk keperluan seperti logistik, olahraga, pertukangan, peternakan, dan pembuangan kotoran, maka Milliard Superflex adalah pilihan tepat. Ukuran selang ini dari ¾ inci sampai 8.1/2 inci.

Penutup

Menggunakan selang air dengan ukuran yang sesuai kebutuhan akan membuat fungsinya lebih maksimal dan efisien.

Oleh karena itu, identifikasi dahulu kebutuhan dan tujuan penggunaan selang, baru kemudian memilih yang spesifikasinya paling sesuai.

2 komentar

  1. Hoo pantesan ada selang yg susah digulung, ternyata bahan pembuatan yg menentukan ya bisa diulang atau tidak. Kalau aku di rumah selang buat siram tanaman sama buat mengairi mesin cuci, karena krannya nggak pas dengan posisi mesin cuci. Keduanya punya ukuran yang berbeda, jadi bener banget nih harus disesuaikan dengan penggunaannya.

    BalasHapus
  2. jadi keingetan sama kebun jeruk ayahku yang harus disiram setidaknya seminggu dua kali wkwkwk kadang selangnya disambung2 karena emang kurang puanjang wkwkwk, keknya perlu cari di sini deh

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.