Menginap di Hotel Budget Berbagai Kota, Hematnya Asik

Menginap di hotel budget

Hotel budget adalah hotel yang tarifnya murah dengan fasilitas sederhana. Hotel seperti ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai kota melalui Online Travel Agent (OTA).

Saya juga suka berburu hotel budget di berbagai OTA. Bisa saja kan Hotel A ada di satu OTA tapi tidak ada di OTA yang lain. Selain itu, hotel yang sama di aplikasi berbeda, bisa beda tarif, lho.

Pengalaman Menginap di Hotel Budget

Senangnya menginap di hotel low budget tentu saja karena tarifnya yang murah. Anggaran pun bisa dialokasikan untuk kulineran, jalan-jalan, atau untuk menginap lebih lama.

Berikut ini pengalaman saya ketika memilih hotel budget sebagai tempat menginap di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Sumedang, dan Gombong (Kebumen).

1. Hotel Budget Jakarta

Hotel budget Jakarta
Kamar hotel budget Jakarta, Le Suite Green Senayan.

Tanggal 17 Agustus 2024 saya bersama Hani Widiani dan Penerbit Elex Media Komputindo mengisi acara talkshow Hijab for Sisters di Islamic Book Fair (IBF). Lokasinya di Jakarta Convention Center. Karena acaranya malam, saya memutuskan untuk menginap satu malam di Jakarta.

Penerbit sih memberi beberapa alternatif hotel di dekat JCC, plus transferan untuk menginap. Namun, setelah melihat tarifnya saya memutuskan mencari hotel budget saja, berpatokan pada lokasi hotel yang direkomendasikan.

Lumayan, kan, selisihnya bisa buat ngopi-ngopi atau kebutuhan lain. Beda cerita kalau langsung dipesankan oleh penerbit.

Setelah mencari-cari, akhirnya saya booking hotel melalui Traveloka. Pilihan saya adalah Le Green Suite Senayan. Untuk menginap satu malam, saya membayar Rp389.644.

Paling mahal di antara hotel budget yang pernah saya pesan di kota lain. Namun, mengingat ini di pusat kota Jakarta, sepertinya wajar harga segitu mah.

Senang rasanya ketika tiba dan melihat di depan hotel berjajar warung-warung tenda yang menjajakan beraneka makanan. Ada warung Aceh dan warung soto Betawi pula! Ulalaaa ... senangnya!

Kamar saya di lantai satu biasa saja dengan fasilitas standar. Yang menarik, ada lima colokan listrik di kamar. Urusan ngecas hape, laptop, dan power bank pun lancar jaya. AC-nya pun oke. Bikin lupa kalau sedang di Jakarta.

Oya, Le Green Suite ini ternyata ada banyak. Tidak jauh dari Le Green Senayan tempat kami menginap, ada Le Green Pejompongan (ada coffee shop kecil dengan kopinya yang sedap) dan Le Green Tondano.

Hotel budget Jakarta lainnya: Puri Lotus, Penginapan Rasa Rumah Sendiri

2. Hotel Budget Bandung

Hotel budget Bandung
Memesan hotel budget Bandung melalui online travel agent.

Menginap di hotel budget kota sendiri? Hehehe ... iya. Bahkan sampai dua kali di hotel yang sama.

Ketika itu sedang ada gelaran Semesta Buku di Gramedia Merdeka dan saya buka jastip. Jastip buku itu cukup melelahkan, apalagi kalau seharian.

Dihitung-hitung, ongkos GoRide ketika pergi dan GoCar ketika pulang (bersama sekitar 40kg buku), beda tipis dengan biaya menginap di hotel budget. Belum lagi waktu tempuhnya.

Jadi, saya putuskan mencari hotel murah di dekat situ. Sekadar untuk mandi dan tidur.

Melalui Reddoorz, saya mendapat kamar di Airy Eco Trunojoyo seharga Rp135.233 (28-29 Februari 2024) dan Rp202.219 (2-3 Maret 2024). Jaraknya sekitar 5 menit saja dari Gramedia Merdeka.

Kamarnya terkecil dari semua hotel budget yang pernah saya inapi. Lebar kamar hanya pas seukuran tempat tidur. Kamar mandi pun kecil saja.

Tapi kembali lagi pada kebutuhan saya, yaitu ada tempat beristirahat, plus harganya murah agar saya masih dapat laba dari jastip. Ya kali saya ngejastip cuma supaya dapat hikmahnya doang.

Untuk makan, karena sudah kecapekan ngejastip, saya membeli makan dari warung makan di dekat Gramedia.

Di hotel budget Bandung (tepatnya guesthouse) ini, saya tinggal mandi, makan, shalat, lalu tidur pulas. Pukul 8 pagi keesokan harinya saya sudah check out dan kembali ke Gramedia.

Hotel low budget Bandung lainnya: Hotel Murah di Bandung Dekat Braga

3. Hotel Budget Jogja

Hotel budget Jogja
Hotel budget Jogja di Jalan Dagen, Malioboro.

Senang sekali ketika menemukan Hotel Dagen Malioboro melalui tiket.com. Saya menginap di sana tanggal 24-27 Juni 2019. Tarif per malamnya hanya Rp100.000.

Kamar kami di lantai 3, dekat tangga. Untuk kamar Rp100.000, ini bagussss dan lapang.

Lobi hotel bugdet Jogja ini juga cukup luas. Sementara itu, di lantai dua ada balkon yang bisa digunakan untuk duduk-duduk sambil menikmati kopi.

Urusan makan tak perlu khawatir. Begitu melangkah keluar dari pintu hotel, kita akan langsung bertemu banyak penjual makanan.

Untuk ke Jalan Malioboro, hanya perlu berjalan kaki sebentar. Puas banget deh dengan hotel budget Jogja yang satu ini.

4. Hotel Budget Gombong

Hotel budget Gombong
Hotel budget Gombong, Kebumen. (Foto: IG Hotel Permata. Edited Canva)

Tidak banyak hotel di Gombong yang terdaftar di OTA. Alhamdulillah, akhirnya dapat Hotel Permata untuk menginap tanggal 21-22 Agustus 2018. Tarifnya sebesar Rp189.105 per malam.

Kamar kami berada di lantai 2. Cukup lapang untuk menampung tiga tempat tidur (kami menginap berempat). Fasilitas standar, tetapi bersih dan stafnya ramah.

Di luar kamar ada meja dan kursi untuk dipakai bersama. Ada pula dispenser dengan air panas yang bebas dipakai oleh tamu. Jadi, kami bisa menyeduh Energen, Pop Mie, dan kopi.

Lokasi hotel ada di sisi jalan raya yang ramai. Penjual makanan pun cukup banyak. Jadi, untuk urusan makan tak perlu khawatir.

Tanggal 22 Agustus 2018 itu Idul Adha. Kebetulan, beberapa meter dari Hotel Permata ada RS Muhammadiyah yang menjadi tempat pelaksanaan shalat Id.

Pengalaman pertama anak-anak shalat Id di kampung halaman nenek mereka. Sekaligus mengunjungi berbagai lokasi wisata di Gombong, seperti Museum Budaya Roemah Martha Tilaar.

5. Hotel Budget Sumedang

Hotel budget Sumedang
Hotel budget Jatinangor, Wisma Gendhis.

Hotel yang menjadi pilihan kami adalah Reddoorz Near IPDN. Kami menginap di sana pada masa pandemi, tepatnya 8-9 Juli 2020.

Tanggal 9 Juli itu si sulung ada jadwal SBMPTN di kampus Unpad, gelombang 1.

Karena tidak punya kendaraan pribadi dan sudah terbayang repotnya warga zona merah mencari ojol pagi-pagi, kami putuskan untuk booking hotel saja.

Dapatlah Wisma Gendhis di Jatinangor ini. Kebetulan pula sedang diskon. Jadi, saya cukup membayar seharga Rp99.000 saja.

Meski tergolong hotel murah, lokasinya sangat strategis karena tepat di sisi jalan raya dua arah.

Tempat parkir juga cukup luas dan sekaligus memberi jarak antara jalan raya dengan deretan kamar.

Bangunan hotel budget Jatinangor ini seperti kos-kosan dua lantai. Di depan setiap kamar ada jejeran bangku. Bisa banget untuk duduk-duduk santai menikmati angin sepoi-sepoi.

Cerita selengkapnya bisa dibaca di Staycation di Hotel Dekat Unpad Jatinangor

Berlibur Hemat

Hotel budget menjadi alternatif buat kita yang ingin berlibur hemat. Fasilitasnya memang tidak selengkap hotel-hotel berbintang, tetapi tetap oke untuk menginap.

Supaya menginap di hotel budget tetap menyenangkan, pastikan untuk membaca Tips Menginap di Hotel Budget ya.