Yuk, Ketahui Manfaat dan Keberhasilan Program Prakerja

Keberhasilan program Prakerja

Keberhasilan program Prakerja dapat dilihat dari meningkatnya kompetensi para pesertanya dalam bekerja dan berwirausaha.

Sesuai tujuannya, program Prakerja yang dimanfaatkan secara tepat dan benar dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing pencari kerja.

Pemanfaatan secara tepat dan benar perlu digarisbawahi, nih. Pasalnya, ada saja peserta program Prakerja yang menyalahgunakan kesempatan emas tersebut.

Misalnya, menggunakan uang insentif dari program Prakerja untuk keperluan konsumtif. Contoh penyalahgunaan lainnya adalah asal-asalan mengambil kelas yang ada agar uang cepat cair.

Duh, sayang sekali. Di luar sana, masih banyak orang yang benar-benar ingin mengikuti program Prakerja tetapi belum terpilih.

Apa Itu Program Prakerja?

Untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik, banyak orang memilih mengikuti program Prakerja.

Program Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa beasiswa pelatihan yang dapat diikuti oleh WNI berusia 18-64 tahun.

WNI yang dapat mengikuti program Prakerja ini adalah mereka yang:

  • sedang mencari kerja,
  • terkena pemutusan hubungan kerja (PHK),
  • butuh meningkatkan kompetensi,
  • pelaku usaha mikro dan usaha kecil.

Program terbaik Pemerintah ini diluncurkan pada April 2020 dengan payung hukum Perpres No. 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja.

Selain program untuk para pencari kerja, ada pula program Indonesia Skill Week (ISW) dan pelatihan di Coursera.

  • ISW dapat diikuti oleh siapa saja, dengan syarat usia minimal 18 tahun dan memiliki akun prakerja. Orang yang sedang mencari kerja, ASN, profesional, TNI, dan sebagainya boleh ikut untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi.

  • Coursera merupakan pelatihan online dan gratis di bidang AI dan Data, Engineering dan IT, Bisnis, Product dan Design, serta Green Skills.

Seiring perkembangan teknologi dan tingginya kebutuhan untuk mengamankan jaringan siber, pemegang kartu Prakerja juga bisa mengikuti program Cyber Security Prakerja.

Keahlian di bidang cyber security ini dihargai tinggi lho, bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Baca Juga: Kesempatan Kerja Inklusif bagi Disabilitas


Manfaat Mengikuti Program Prakerja

Manfaat mengikuti program Prakerja
Ilustrasi kelas digital marketing program Prakerja.

Mengikuti program Prakerja memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat yang diperoleh jika mengikuti program Prakerja dengan benar:

1. Dukungan finansial

Pemerintah menyediakan insentif berupa uang untuk peserta program yang telah menyelesaikan pelatihan. Uang tersebut dapat digunakan untuk memulai usaha atau mencari pekerjaan baru.

2. Pengembangan keterampilan

Program Prakerja menyediakan bermacam-macam pelatihan online dan offline yang relevan dengan dunia kerja.

Misalnya pelatihan bahasa asing, fotografi, administrasi perkantoran, food and beverage, digital marketing, dan data analyst.

3. Mendapat peluang kerja yang lebih baik

Meningkatnya keterampilan setelah mengikuti program Prakerja membuka peluang untik mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

4. Mengembangkan usaha sendiri

Bingung mau usaha apa? Program Prakerja juga memberikan dukungan dan pelatihan bagi peserta yang ingin mengembangkan usaha sendiri alias berwirausaha.

Semua manfaat tersebut pada ujungnya akan memberikan peningkatan penghasilan dan kehidupan yang lebih sejahtera. Misalnya yang dialami oleh Asifyon Yeskiel Batuk.

Asifyon yang berasal dari Kabupaten Rote Ndao mengikuti pelatihan pengembangan bisnis yang diselenggarakan secara online.

Setelah mengikuti pelatihan, bisnis penjualan tiket yang ia jalankan semakin berkembang dan menarik lebih banyak pelanggan.

Kalau dulu ia hanya berjualan tiket secara offline, sekarang juga secara online. Penjualan online ini membuka pasarnya menjadi lebih luas.

Baca Juga: Memulai Bisnis Rumahan

Wenhui Awards

Program terbaik pemerintah
Ilustrasi mengikuti program Prakerja untuk meningkatkan kompetensi.

Memasuki tahun kelima, sudah ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti dan mendapatkan manfaat dari program Prakerja.

Yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Yang tadi tidak bisa, sekarang menjadi bisa. Yang tadinya menganggur, kini sudah mendapatkan pekerjaan yang layak.

Keberhasilan program Prakerja ini dapat dlihat dari studi yang dilakukan oleh Centre for Innovation Policy and Governance, Asian Development Bank (CIPG – ADB) pada tahun 2023. Salah satunya dalam memberikan kesempatan yang sama bagi laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan pelatihan berkualitas.

Riset Presisi Indonesia yang diadakan pada tahun 2021 pun menemukan bahwa pendapatan perempuan yang mengikuti program Prakerja meningkat sebesar 33%.

Berbagai studi yang diadakan oleh lembaga nasional dan internasional juga menemukan bahwa program Prakerja telah meningkatkan keterampilan kerja dan peluang mendapatkan pekerjaan.

Keberhasilan program Prakerja ini mendapat pengakuan dari dunia internasional. Salah satunya adalah Honorable Mention, Wenhui Awards, UNESCO, tahun 2022-2023.

Penutup

Mengikuti program Prakerja merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan penghasilan.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, penting sekali memilih kelas pelatihan yang tepat dan dibutuhkan oleh pasar.

2 komentar

  1. Alhamdulillah saya pernah dapat prakerja. Saya pilih materi coding gitu. Biar mengasah kemampuan dalam mengolah bahasa HTML. Beneran sulit sih, tapi seru. Hasilnya bisa saya praktekin langsung ketika ngutak ngatik template blog, hehehe

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.